Kamis, 23 September 2010

Penyebab masalah sistem kelistrikan pada honda freed

Kalau Anda pemilik Honda Freed, lalu tiba-tiba terkena gangguan kelistrikan, sebaiknya jangan keburu panik. Lakukan langkah penyelamatan awal dengan pinggirkan mobil dan coba perhatikan apa saja malfungsi kelistrikan yang terjadi saat itu. Apakah diikuti klakson yang berbunyi terus, headlamp mati, MID dan tanda ABS menyala. Kalau mobil masih bisa jalan, segeralah mampir ke bengkel resmi terdekat. Atau jika tuas matik tidak bisa pindah, segeralah telepon bengkel resmi untuk mengadukan hal tersebut.
Jika keadaan sudah aman terkendali, segera ingat apakah baru-baru ini Anda pasang kaca film untuk kaca depan. Jika anda pasang kaca film untuk kaca depan, bisa dipastikan inilah penyebabnya. Solusinya bisa ditangani bengkel resmi. Penyebabnya memang karena cipratan air dari instalatur kaca film dan menyelinap ke sistem kelistrikan di balik dasbor.
Memang sudah dipastikan kalau biang keladi lumpuh dan ngaconya kelistrikan Freed adalah akibat air. Uap air yang aslinya dari sprayer instalatur kaca film, disemprotkan ke kaca depan bagian dalam dan menyelinap ke bawah dasbor. Sebelum akhirnya menyerang pusat kelistrikan pada kotak sekring. Namun, itu bukanlah fuse box biasa tapi terminal multiplex atau dikenal juga central control module(CCM).
Sistem perkabelan multiplex yang dimiliki Freed sebagai solusi mobil masa kini yang punya banyak fitur. Bayangkan berapa kabel yang dibutuhkan jika untuk mengatur sebuah fitur, tetap dibutuhkan dua pasang kabel kayak mobil tahun 1990-an. Saat itu kabel mobil beratnya bisa mencapai 50 kg dengan panjang jika disambung-sambung mencapai 3 km.
Salah satu kisi tempat air menyelinap
Kalau belum parah atau berkarat bisa dibersihkan di bengkel resmi. Menurut Motorolla yang juga mendesain multiplex fly by wire pesawat terbang, mobil tahun 2000-an disarankan sudah memakai sistem multiplex ini. Soalnya dengan tambahan fitur seperti ABS, MID, sliding door, kebutuhan kabel naik 40%. Lewat multiplex semua kabel terintegrasi satu sama lainnya dan bisa mengatur instrumen dasbor, lampu, transmisi lewat jalan yang lebih singkat.
Mindset rumit dan mahal bisa jadi membuat takut. Namun, teknologi pasti lebih banyak untungnya. Apalagi sudah sejak tahun 2000-an sedan-sedan di tanah air sudah mengadopsi sitem perkabelan ini. Bobot mobil berkurang dan bisa lebih cepat jika mendeteksi jika ada masalah kelistrikan. Begitu juga di varian Honda yang sudah tahun 2000-an mengadopsi sistem ini.
Seperti pada pemasangan kaca film, air menyerap melalui celah dasbor dan menuju terminal multiplex. Sehingga sirkuit terjadi hubungan pendek dan mempengaruhi kerja komponen lain. Beberapa modifikator car audio, sistem multiplex tidak menghambat saat instalasi kelistrikan komponen audio di Freed

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar