Kamis, 23 September 2010

Curve Control System pada mobil Ford


Salah satunya pabrikan Ford menciptakan sebuah perangkat barkendara yang mampu menghindarkan mobil dari kecelakaan karena menikung terlalu kencang. Banyak kecelakaan berasal dari pengemudi yang salah menilai kecepatan mereka saat masuk tikungan atau ketika hendak keluar-masuk dan berpindah jalur di jalan TOL.
Perangkat baru ini diberi nama Curve Control System. Perangkat ini bisa merasakan kondisi mobil saat menikung terlalu kencang. Dan secara otomatis, sistem ini akan mengurangi torsi mesin dan meningkatkan tekanan yang berlawanan arah dengan posisi belok, serta akan memperlambat kecepatan mobil hingga 10 mph dalam waktu sekitar satu detik. Saat kecepatan terlalu tinggi ketika hendak menikung, maka pengurangan kecepatan secara otomatis ini mampu mengembalikan mobil dari gejala over steer.
Curve Control System bekerja berdasarkan perangkat Ford AdvanceTrac dengan RSC (Roll Stability Control) yang menggunakan berbagai sensor untuk mengukur besarnya gejala roll, gejala yaw, akselerasi, kecepatan roda dan sudut kemudi. Semuanya bekerja dengan kecepatan membuat keputusan hanya dalam 100 kali per detik. Pada tahun 2011, perangkat ini akan menjadi standar di Ford Explorer. Selanjutnya akan diaplikasikan di semua mobil keluaran Ford baik sport car, crossover, hingga truk dan van di Amerika Serikat pada tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar