Kamis, 23 September 2010

Menghilangkan kantuk saat mengemudi

Beberapa tips untuk menghilangkan ngantuk bagi pengemudi yang pekerjaannya dituntut dengan waktu : 1. Matikan AC dan buka kaca lebar-lebar (bukan malah menutup kaca) untuk memenuhi kadar oksigen dalam otak manusia. Karena ruangan ber AC minim oksigen dapat membuat kita mengantuk. Hirup oksigen sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan oksigen. Lebih bagus lagi dengan menepi dahulu dan lakukan sedikit olah tubuh (gerakan senam). Dan bila kaca di tutup rapat-rapat sampai kita kegerahan atau kepanasan, akan semakin membuat tubuh lelah dan letih.
2. Bila sedang sendirian, jangan menyanyi dengan keras karena akan membuat kita kelelahan dan semakin membuat diri kita mengantuk.
3. Bagi yang merokok hendaknya di udara terbuka, jangan di dalam mobil sambil tutup kaca rapat2. Lebih baik lagi jangan merokok, tapi lakukan seperti pada poin nomor satu di atas. Merokok juga akan membuat otak kekurangan oksigen dan akan membuat kita menguap terus.
4. Tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan minum kopi asin akan menghilangkan kantuk. Yang benar, dengan minum kopi asin, panca indera kita akan terkejut yang menyebabkan terkejut pula sistem syaraf. Hal ini dapat membuat kita jadi sedikit kaget dan rasa kantuk pun akan terusir karena kaget tersebut.
5. Hendaknya selalu sediakan permen di dalam mobil, karena dengan mengunyah permen tersebut, secara tidak langsung kantuk kita akan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar