Jumat, 24 September 2010

Meningkatkan peforma mesi n dengan porting dan polish

Banyak cara untuk meningkatkan performa kendaraan, namun yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan metode Porting dan juga Polish. Porting adalah memperbesar kembali lubang intake dan exhaust cylinder head agar volume udara dan bahan bakar yang masuk jadi bertambah besar dan lebih bebas hambatan. Sedangkan polishing adalah menghaluskan bagian-bagian yang sudah diporting dan bagian lain dari mesin agar hisapan udara dan BBM yang masuk jadi semakin lancar. Dengan melakukan hal tersebut, tenaga dari mesin mobil dapat meningkat tanpa harus ditambahkan perangkat racing seperti turbo ataupun supercharger.
Metode ini adalah suatu pekerjaan tangan dengan menggunakan alat khusus yang bertujuan untuk memperbaiki efisiensi volumetric suatu mesin untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal dan efisien. Biasanya mesin dari pabrik efisiensi volumetricnya hanya dalam kisaran 70%, tapi dengan porting dan polish efisiensi volumetricnya bisa ditingkatkan menjadi kurang lebih 80-85%.
Komponen mesin yang dapat di porting dan polish adalah exhaust cylinder head dan intake manifold. Untuk menghilangkan bekas paking dan juga baret-baret yang ada pada Cylinder head maka permukaan bawah head dihaluskan dengan dipapas. Besarnya diameter Cylinder head yang dipapas tergantung dari kondisi dari Cylinder head itu sendiri, karena semakin banyak yang dipapas akan membuat Cylinder head menjadi makin tipis. Lama waktu pengerjaan bisa sampai 6-8 hari tergantung dari mesin mobil apa yang akan di porting dan polish. Begitu juga dengan biaya pengerjaannya, tergantung juga dari jenis mesin mobilnya juga.
Jika porting dan polish dilakukan secara presisi, efeknya adalah tarikan mesin menjadi lebih enteng, nafas mesin lebih panjang, akselerasi lebih spontan dan konsumsi bahan bakar juga jadi lebih efisien. Ini semua karena aliran bahan bakar dan udara jadi lebih lancar masuk ke ruang bakar, sehingga tenaga lebih besar dan pembakaran sempurna dan bila mobil dikendarai dengan normal bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Tapi akibat dari porting dan polish kebanyakan orang jadi lebih sering menekan pedal gas lebih dalam, yang membuat konsumsi bahan bakar mobil malah menjadi lebih boros.[mkp/fjsb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar