Selasa, 31 Agustus 2010

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik

Tips Pertama:

1. Sebelum pergi pastikan semua pintu rumah terkunci.
2. Matikan semua lampu yang tidak terpakai (termasuk air Pam).
3. Cabut selang gas selama meninggalkan rumah.
4. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik.
5. Pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah kita.
6. Berkoordinasi dengan RT/RT dan petugas keamanan di wilayah kita.
7. Beri uang tips petugas keamanan agar \”lebih\” mengawasi rumah kita.
8. Beri nomor telepon yang bisa dihubungi kepada tetangga.

(Berbagai Sumber)

Tips Kedua:

1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu didepan pintu rumah.
2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan di lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.
3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.
5. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah.
6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.
7. Jika perlu, pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.Selamat bermudik ria!

Tips Ketiga:

1. Beritahu tetangga yang paling anda percayai atau RT setempat.
2. Minta nomor telepon tetangga terdekat yang tidak mudik agar bisa tetap berkomunikasi dan memberitahu jika terjadi sesuatu.
3. Jangan sekali-kali memberitahukan orang lain kapan anda akan mudik, berapa lama kecuali kepada orang yang benar-benar dipercaya.
4. Menghidupkan salah satu lampu ruangan juga bisa dilakukan untuk mengelabui orang bahwa penghuni rumah sedang tidak ada di tempat.
5. Pastikan semua pintu terkunci rapat, jangan hanya mengandalkan teralis belaka karena bisa dibongkar. Anda bisa menambah pasak atau palang kayu maupun besi pada pintu dan jendela yang rawan dibongkar maling.
6. Pastikan air kran sudah dimatikan. Jika menggunakan kompor gas, ada baiknya pipa gas ke kompor dibuka untuk menghindari kebakaran. Pastikan semua stop kontak listrik sudaj dilepas.
7. Anda juga bisa menggantungkan kerincingan atau kaleng susu berisi batu pada gagang pintu sehingga akan berisik jika ada yang berniat membongkar pintu.
8. Jangan sekali-kali menyimpan uang cash maupun perhiasan di rumah. Sebaiknya anda simpan di bank atau dititip di kotak penitipan bank atau pegadaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar